Solusi “hal.dll” error pada XP boot dari Flashdisk


bagi agan-agan sekalian yang mempunyai komputer atau negebenrin komputernya orang lain dengan tanpa CD-ROM ter-built in dan menggunakan Flashdisk sebagai solusi untuk booting windows-nya, mungkin hal seperti yang saya akan jelaskan di alami oleh sebagian banyak orang (mungkin), ini merupakan pengalaman saya sendiri ketika mencoba menginstal xp dengan menggunakan flashdisk, untuk converter supaya flashdisk bisa di pakai untuk boot xp, softwarenya bisa di download disini.

baiklah, saya anggap agan-agan sekalian sudah bisa melakukan convert dari setup windows xp ke dalam flashdisk, ketika flashdisk di boot, akan muncul beberapa pilihan :

  1. text mode instalation
  2. GUI instalation
  3. 3,4,5 dst ini adalah debug untuk mengetahui dimana letak tersimpannya hal.dll

mungkin anda mengalami pesan error seperti ini ketika proses instalasi pertama selesai

Windows\System32\Hal.dll missing or corrupt:

Please re-install a copy of the above file.

saya jelaskan dulu ya, kenapa hal itu bisa terjadi

hal.dll error terjadi di akibatkan karena adanya jumlah partisi harddisk lebih dari satu yang berakibat path (alamat file) yang seharusnya bisa di eksekusi tidak dapat di temukan.

langsung saja, cara pertama yang harus dilakukan adalah :

  1. tancapkan flashdisk yg sudah berisi xp boot pada komputer lain
  2. cari file “boot.ini”, setelah di buka, agan akan melihat script seperti di bawah ini

[Boot Loader]
Timeout=30
Default=multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)\WINDOWS
[Operating Systems]
C:\$WIN_NT$.~BT\BOOTSECT.DAT = “1st, text mode setup (Boot from flash again after finished)”
multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)\WINDOWS=”2nd, GUI mode setup, continue setup + 1st start of Windows” /fastdetect
C:\ = “—> DEBUG, in case of HAL.DLL or NTOSKRNL.EXE not found errors <—”
multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(2)\WINDOWS=”Debug boot rDisk 1 partition 2″ /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(3)\WINDOWS=”Debug boot rDisk 1 partition 3″ /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(4)\WINDOWS=”Debug boot rDisk 1 partition 4″ /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(2)partition(1)\WINDOWS=”Debug boot rDisk 2 partition 1″ /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(2)partition(2)\WINDOWS=”Debug boot rDisk 2 partition 2″ /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(2)partition(3)\WINDOWS=”Debug boot rDisk 2 partition 3″ /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(2)partition(4)\WINDOWS=”Debug boot rDisk 2 partition 4″ /fastdetect

script di atas menunjukan jumlah harddisk dan target pasrtisi harddisk.

rdisk(x)

script ini menunjukan urutan harddisk

untuk perhitungannya sendiri di mulai dengan angka 0

jadi 0=1 dan 1=2

partition(x)

script ini menunjukan urutan partisi yang ada dalam harddisk

cara perhitungannya normal, dari angka 1

lalu apa arti dari scrip yang banya di atas?

script di atas menunjukan target file “hal.dll” yg di butuhkan untuk proses instalasi GUI

secara default “boot.ini’ pada flashdisk tertulis seperti di atas, cobalah untuk merubahnya menjadi seperti berikut

[Boot Loader]
Timeout=30
Default=multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(2)\WINDOWS
[Operating Systems]
C:\$WIN_NT$.~BT\BOOTSECT.DAT = “1st, text mode setup (Boot from flash again after finished)”
multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(2)\WINDOWS=”2nd, GUI mode setup, continue setup + 1st start of Windows” /fastdetect
C:\ = “—> DEBUG, in case of HAL.DLL or NTOSKRNL.EXE not found errors <—”

solusi di atas menunjukan pemindahan target partisi, kalau belum berhasil di lakukan cobalah ganti angka pada partisinya.

selanjutnya, saya anggap agan2 sudah melewati proses tadi dengan berhasil

ada masalah lagi yang timbul, ketika instalasi GUI selesai kemudian flashdisk di cabut, yang terjadi adalah munculnya pesan error, yang mengatakan tidak di temukannya path windows

kenapa hal di atas terjadi?

karena boot yang kita gunakan menggunakan jumlah harddisk yang tidak ada*

*pada “rdisk(1)” harddisk yang terhitung adalah 2 buah (karena flashdisk di anggap harddisk)

solusinya

  1. jangan panik, boot kembali komputer agan dengan first boot : flashdisk
  2. pilih pilihan yang kedua yang GUI mode, setelah dipilih nanti langsung pada tahapan akhir instalasi windows (artinya tidak dilakukan kembali proses instalasi yang kedua)
  3. biarkan sampai masuk windows
  4. pilih start –> klik kanan pada my computer –> properties –> pilih tab advanced –> pilih pilihan “setting” pada bagian startup and recoveryAkan muncul seperti ini

Kemudian pilih edit.

5. kalau isinya masih seperti ini

Ubahlah menjadi seperti ini

6. restart computer agan

7. selesai deh, hehe

Semoga bermanfaat

Sebelumnya mohon maaf bila ada kata2 yang kurang berkenan 🙂

85 responses to “Solusi “hal.dll” error pada XP boot dari Flashdisk

  1. Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk, flasdisk, MMC rusak
    – no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    – delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968 / 081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang spesialis recovery data. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2…!!

  2. kk sya mau tanya,sya mau instal win xp sp3 dinetbook pake fd,sya plh text mode jd blue screen dan jd kya gini

    PROCESS1_INITIALIZATION_FAILED

    If this is the first time you’ve seen this Stop error screen, restart your computer. If this screen appears again, follow these steps:

    Check to make sure any new hardware or software is properly installed. If this is a new installation, ask your hardware or software manufacturer for any Windows updates you might need.

    If problems continue, disable or remove any newly installed hardware or software. Disable BIOS memory options such as caching or shadowing. If you need to use Safe Mode to remove or disable components, restart your computer, press F8 to select Advanced Startup Options, and then select Safe Mode.

    Technical information:

    *** STOP: 0x0000006B (0x0000003A, 0x00000002, 0x00000000, 0x00000000)

    jd nggak bs dilanjut.penyebnya apa k,ada solusinya nggak k ?

  3. thx, sudah saya coba dan berhasil😀

  4. setelah partisianya tak rubah seperti contoh anda, kok masih belum bisa ya ketika flas di cabut? apa solusinya?

    thanks

  5. kak, thanks ya atas infonya…
    netbook ku dipartisi C:,D:,E:, dan F:, space yg belum dipartisi 8Mb. total kapasitas Hardisk 250GB, langkah instalasi WinXPSP2 dari Flaashdisknya gmn y ka? apa aja software yang dibutuhkan n url downloadnya apa?
    terus apa aj yg harus dirubah.. mohon penjelasannya dikirim ke emailku..
    by Mastereds siswa kelas XII SMA di Cirebon

    • untuk proses instalasinya sama saja, di boot pertama kali lewat FD, nanti ada pilihan text mode sama GUI, pilih yang text mode dulu, sampai proses selesai, setelah itu baru langkah yang di jelaskan di atas bisa di aplikasikan

  6. numpang tanya nih.. smoga cpet dibales..
    dah nyari file boot.ini tp ga ada.. gmn nih jadinya?

  7. Thanks Gan Kompi Q Jadi Dech keinstal XPnya

  8. Bismillah…

    thank banget bro!!!!
    Saya di amanahkan sahabat saya buat install OS dan kasusnya seperti yang anda berikan solusinya…
    Sekarang dah beres
    Semoga Allah membalas kebaikan anda dengan yang lebih baik..
    AAAmin..

  9. makasih gan,
    bermanfaat bgt, saya stress gara2 ini..
    ane coba dulu ya,
    moga aja berhasil..

  10. thanks banget gan bener2 membantu saya untuk instalasi netbook. semoga Allah membalas ya gan. thanks ya gan🙂

  11. gw mo nanya, udah gw ganti di boot.ini. tapi pas gw cabut FDnya,windowsnya gak kebaca. malah muncul missing hal.dll…
    gmn solusinya? hardisknya 2 partisi,trus gw instal windows di partisi 1.
    mohon bantuanx…

    • kalo belum berhasil, agan masukin dulu FDnya terus masuk dulu ke windowsnya, nah kalo udah masuk windows baru di ubah boot.ini-nya, semoga bermanfaat dan membantu ^_^

  12. makasih bnyk bro..
    gw trbntu bgt nih

    //_^

  13. kok ane belum bisa sih.. udah ane ganti nomor yg di partisi

  14. ane gk bisa nie, udah di ganti boot.ini nya pake yg di atas, udah ane rubah partitionnya jadi 1, tapi belum bisa, gimana gan?? bantuannya donk,.,

  15. thanks gan ane punya dua laptop yang gak punya cd room dan dengan cara ini yang satunya berhasil dan yang satu tidak berhasil. mohon pencerahannya gan, g mana cara mengetahui nomor hardisknya?? ane stress gan dah dua malam bgadang akhirnya ane ktemu neh blog… thanks gan

  16. terimakasih banyak mas..akhirnya berhasil juga..ikut copas link blog ini ya.mau disebarin biar pada kesini semua.soalnya disini paling jozzz

  17. Mantap banget mas, solusinya….semoga Allah Swt membalas budibaik anda

  18. Saya coba berhasil ….
    Terima Kasih

    Arief

  19. gan.. kok ane ga bisa yah? padahal disk ama partisinya udah bener…
    tinggal cara nginstall di kompi yang error nya gimana??
    thanks b4

  20. step yg terlewatkan yg buat gak bisa masuk ke windows nya….. Tolong kasi tau Gan..

  21. kk kok error hal.dll saya ga ilank2 ya… netbook saya punya 1 hardisk 3partisi c:, d: , e:
    itu jadi settingnnya gmn ya?? udah di ganti2 dari rdisk(1-2) partition (1-4) masih juga salah… mohon pencerahaannya

  22. mas saya masih ga bisa….
    harddisk laptop saya ga dipartisi (cuma 1)
    trus saya uda ganti ssuai yang di atas dan diganti jumlah harddisknya… tapi ttp ga bisa… mohon pncerahannya

  23. MW NANYA NH GAN,,, PUNYA W EROR TRUS TULISANNYA BEGINI ==>
    A PROBLEM HAS BEEN DETECTED AND WINDOWS HAS BEEN SHUT DOWN TO PREVENT DAMAGE TO YOUR COMPUTER.
    IF THIS IS THE FIRST TIME YOU’VE SEEN THIS STOP ERROR SCREEN, RESTART YOUR COMPUTER. IF THIS SCREEN APPEARS AGAIN, FOLLOW THESE STEPS:
    CHECK FOR VIRUSES ON YOUR COMPUTER. REMOVE ANY NEWLY INSTALLED HARD DRIVES OR HARD DRIVE CONTROLLERS. CHECK YOUR HARD DRIVE TO MAKE SURE IT IS PROPERLY CONFIGURED AND TERMINATED. RUN CHKDSK / F TO CHECK FOR HARD DRIVE CORRUPTION, AND THEN RESTART YOUR COMPUTE.
    TECHNICAL INFORMATION:
    *** STOP: 0X0000007B (0XF7A88524, 0XC0000034, 0X00000000, 0X00000000)

  24. kalo untuk kasus 1 hardisk 1 partisi brarti formatnya g harus dirubah kan gan tetap Default=multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)\WINDOWS

  25. yeaah…. akhirnya selesai juga 1 masalah..
    infonya sangat membantu
    “LIKE”

  26. aaaaaaaa…kk><..berhasiilll XP
    makasii guidenya…cm 1 ini kayanya di google..hehe…
    berhasil setelah gonta ganti partisinya….sempat mau bunuh dirii…
    makasii sekali lagii..ilmu yang bermanfaat..

    regards..Thyaa

  27. punya ane cuma bisa bootong dari flashdisk gan, tetep missing hal.dll pas coba booting ke harddisk… gima tuh gan??

  28. punya ane udah selesai yang pertama tapi kok pas GUI nya ga bisa gan? jadi hal.dll error..
    gimana tuh??

  29. kang tanya :
    aq cba2 kok g bisa2 y kang.
    waktu masuk
    text mode instalation aja
    itu selalu muncul
    windows could not start bacause the following is missing or corrupt:
    /system32/hal.dll
    please re-instal a copy of the above file.
    GUI instalation, 3,4,5 dst itu jg gtu. tu yang salah apanya ya kang. sebelumnya terima kasih ….

  30. Manjur sob,,tks ya🙂

  31. Bermanfaat banget nih, thx atas sharingnya

  32. Tolong dong, masalah hal.dll terus muncul kalau gk boot lewat flashdisk. Saya udah ikuti seluruh petunjuk di atas, tetapi error hal.dll tetep ada kalau gk ngeboot lewat flashdisk. Di netbook saya ada 2 partisi C: dan E: sedangkan D: dipakai sama flashdisknya.

    Tolong solusinya😦 Saya bingung setengah mati…

  33. Terima kasih buat neozonk, ternyata cuma ganti partition ke angka 2 yang semula angka 1….
    Terima kasih banyak!!! Semoga Tuhan membalas kebaikanmu…🙂

  34. Berhasil, trm kasih!

  35. alhamdullh..
    akhirnya ketemu jg solusiny padahal saya udh pasrah..
    terimakasi brou… semoga sukses slalu..

  36. Ping-balik: Solusi hal.dll error pada saat instal XP boot dri FD | miayulianti

  37. Thanks Neozonk, dedicated for all users. kalau masih suka ngoprek, ntar kerjasama kita untuk jadi konsultan IT gratis untuk mereka. piss
    h3x4d3c1m4L..Jakarta

  38. thank you bro, bisa lancar😀

  39. thank you banget gannnnn….
    akhirnya setelah search kesana-kesini eh sampai juga di blog ini…
    mantap…

  40. gan gimana cara mengatasi ini
    muncul layar biru(layar saat startup windows) dan isinya :
    “to instal windows XP on the partition you selected,setup must write some startup files to the following disk :
    152628 MB disk 0 at Id 0 on Bus 0 on atapi [MBR]
    however,this disk does not contain a windows XP-compatible partition.
    to continue instaling windows XP,return to the partition selection screen and create a windows XP-compatible partition on the disk above. if there is no free space on the disk,delete an existing partition, and then create a new one
    To return to the partition selection screen,press ENTER

  41. maksudnya semua partisi di format ya gan?
    padahal data data penting saya seperti skripsi ada di data D gan…
    gmn lg nih solusinya
    mohon pencerahannya gan?
    thanks

    • Makasih nih, hal.dll nya udah solved. Tp giliran udah solved malah gabisa masuk, tulisannya “load needed dlls for kernel”. Nah gmn tuh? Saya install WinXP di Win8, Win 8 di (C:) terus WinXP di (D:) mohon pencerahannya😀

  42. bang aji. saya sudah coba langkah diatas. tapi belum bisa juga hardisk saya tidak dipartisi (alias cuma drive c: aja) kira” scriptnya gimana ya? saya sudah coba rubah” tapi masih belum bisa! thx atas jawabannya..

  43. saya belum bisa masih berusaha😦 agan nya masih monitor ga ya😦

  44. Makasih broooooooo😀

  45. makasih kak atas infonya,, saya udah berhasil

  46. Ping-balik: Instalasi SO Windows Menggunakan Flashdisk | Urang Banua

  47. hanif y prayoga

    kalau gk bisa booting gmn??
    kalu pke FD baru bisa masuk, tpi pas wktu FDnya di lepass gk bsa msuk!!
    mohon bantuannya!!

  48. Maturnuwun gan,,,,,,,,
    berulang kali saya gagal dengan berbagai bentuk pesan error, akhirnya Saya berhasil juga😥 pdhl dah putus asa,,,, (mengulang instal ulang sampai 3x)..
    Thankz bgt gan……
    Sukses sllu y…………😛

  49. terima kasih banyak gan, ane benar-benar terbantu, sudah 3 hari nemu error yang sama, sekali lagi terima kasih banyak

  50. bro maw tanya!!! awalnya masalah pada hal.dll nya””setelah ikuti instruksi d atas emang udah bisa masuk lanjut k install GUI”””’terus baru mo mulai install na muncul pesan error kaya gini

    fatal error
    an error has been encountered that prevents setup from continuing

    one of the componenets that windows needsto continuing setup could not be installed

    access is denied”””””’

    solusi na apa ya bro????

    thx sebelumnya”’mohon p’cerahannya

  51. Gan Yah Di Bawahnya C:\ = “–—> DEBUG, in case of HAL.DLL or NTOSKRNL.EXE not found errors <—–"
    Itu Dihapus gk.Kalok HAL.DLL missing

  52. Wahh ane ngalamin kasus yang sama nihh, untung nemu page ini..
    Thanks gan ane jadi bisa nginstal xp di netbook sendiri, problem yg ane temukan sama persis dan penyelesaiannya juga sama persis dengan yg agan tunjukan..
    sekali lagi makasih banyak.. (y)

  53. “saya lagi nyoba cara pertama dan berhasil… tinggal tunggu akhirnya . . .”

  54. “sampai cara yang kedua, tapi msih gk bisa juga :(“

  55. gan boot.ini nya itu kita cari di dalam flasdisk nya kan? kok saya ga nemu ya gan? mohon jawaban nya. ane dh begadang sampai 2 hari gan, permasalahan sama percis

  56. makasih Gan.. akhirnya sukses keInstal Juga xp di Acer Aspire we.. Ampe Botak sariawan mikirin Hal.dll error ,, solusi nya manteb… untung nemu web ente dah.. matur thank U

  57. nice info gann makasihhh :DD
    akhirnnya bisa back to xp…hahha

Tinggalkan Balasan

