berbagai definisi E-Learning


E-learning berasal dari huruf ‘e’ (electronic) dan ‘learning’ (pembelajaran). Jadi e-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronika. Model pembelajaran e-learning kini telah menjadi pilihan para penyelenggara pendidikan, karena keunggulan yang dimilikinya.

Definisi e-learning sangat beragam yang mungkin satu sama lain berbeda, namun satu hal yang sama tentang e-learning atau electronic learning adalah pembelajaran melalui jasa bantuan elektronika. Saat ini e-learning bahkan merupakan salah satu alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah pendidikan. (Jackson, 2002; Reidar Roll, 2003, Kirkpatrick (2003); Soekartawi, 2004b). Terlebih  setelah fasilitas  yang mendukung pelaksanaan e-learning seperti internet,  komputer,  listrik,  telepon  dan  hardware  dan software   lainnya   tersedia  dalam  harga  yang  relatif    terjangkau,    maka e-learning sebagai alat bantu pembelajaran menjadi semakin banyak diminati.

Menurut Hartley (2001) dalam (Wahono, 2005:2), e-learning didefinisikan sebagai berikut :

E-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan  tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

 

Sementara itu, UNESCO (2002) dalam (Soekartawi, 2007:24) mendefinisikan e-learning sebagai berikut :

e-learning   is   learning  through  available  in   the   computers.    Thus, e-learning or on-line learning is always connected to a computer or having information available through the use of computer.

 

Selanjutnya menurut Wikipedia Versi Inggris (2007) e-learning didefinisikan sebagai berikut :

Electronic learning or E-learning is a general term used to refer to computer-enhanced learning. It is used interchangeably in so many contexts that it is critical to be clear what one means when one speaks of ‘eLearning’.

 

Jaya   Kumar  C.  Koran (2002) dalam Suyanto (2005:1), mendefinisikan e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Ada pula yang menafsirkan e-learning sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet. Sedangkan Dong dalam (Kamarga, 2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Atau e-learning didefinisikan sebagai berikut :

e-Learning is a generic term for all technologically supported learning using an array of teaching and learning tools as phone bridging, audio and videotapes, teleconferencing, satellite transmissions, and the more recognized web-based training or computer aided instruction also commonly referred to as online courses (Soekartawi, Haryono dan Librero, 2002).

 

Rosenberg (2001) dalam Suyanto (2005:1) menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini senada dengan Cambell (2002), Kamarga (2002) yang intinya menekankan penggunaan internet dalam pendidikan sebagai hakekat e-learning. Bahkan Purbo (2002) menjelaskan bahwa istilah “e” atau singkatan dari elektronik dalam e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet.

 

Cisco (2001) sebagaimana dikutip Suyanto (2005:2) menjelaskan filosofis e-learning sebagai berikut. Pertama, e-learning merupakan penyampaian informasi,  komunikasi,  pendidikan,   pelatihan    secara     on-line.   Kedua, e-learning menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional (model belajar konvensional, kajian terhadap buku teks, CD-ROM, dan pelatihan berbasis komputer) sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi. Ketiga, e-learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan content dan pengembangan teknologi pendidikan. Keempat, Kapasitas siswa amat bervariasi tergantung pada bentuk isi dan cara penyampaiannya. Makin baik keselarasan antar content dan alat penyampai dengan gaya belajar, maka akan lebih baik kapasitas siswa yang pada gilirannya akan memberi hasil yang lebih baik.

Dengan demikian, secara sederhana dapatlah dikatakan bahwa pembelajaran elektronik (e-learning) merupakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan jaringan berupa Internet, local area network (LAN) dan, wide area network (WAN) sebagai metode penyampaian, interaksi, dan fasilitasi serta didukung oleh berbagai bentuk layanan belajar lainnya (Brown, 2000; Feasey, 2001) dalam Siahaan (2003).

Jadi secara umum syarat sebuah aktifitas e-learning adalah :

  1. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pemanfaatan jaringan LAN, ataupun WAN yang tentu saja berbasis internet
  2. Tersedianya dukungan layanan atau materi belajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta belajar, bisa saja berupa softcopy, hardcopy atau cd-rom, dan
  3. Tersedianya dukungan layanan konsultasi yang dapat membantu peserta belajar apabila mengalami kesulitan.

Di samping ketiga persyaratan tersebut di atas, untuk mendukung efektifitas e-learning diperlukan dukungan lembaga yang menyelenggarakan kegiatan e-learning, sikap positif dari peserta didik dan tenaga pendidik terhadap teknologi komputer dan internet, rancangan sistem pembelajaran yang dapat dipelajari/diketahui oleh setiap peserta belajar, sistem evaluasi terhadap kemajuan atau perkembangan belajar peserta belajar, dan mekanisme umpan balik yang dikembangkan oleh lembaga penyelenggara.

One response to “berbagai definisi E-Learning

  1. intinyamah penggunaan teknologi tepat guna untuk dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s