Mengenal Teknologi 4K


sudah di play videonya? kalau sudah di play coba set ke 4K

raisa 4k

setelah di set coba di fullscreen, ya walaupun emang bandwidth killer banget dah ini buffernya, tapi mata kita dimanjakan kan? bukan karena liat raisa loh, tapi karna itu tuh 4K-nya.

apa sih 4K?sebenernya karena video ini nih ada tambahan nama 4K jadi bikin penasaran buat buffer terus fullscreen, dan ya memang kualitas gambar di videonya masih bisa bagus di ukuran monitor saya yang 22″.

jadi gini kalau kata wikipedia

4K resolution, also called 4K2K, refers to a display device or content having horizontal resolution on the order of 4,000 pixels.

kata wikipedia 4K umumnya disebut Ultra High Definition (UHD)

4K has become the common name for ultra high definition television (UHDTV), although its resolution is only 3840 x 2160 (at a 16:9, or 1.78:1 aspect ratio), which is lower than the 4K industry standard of 4096 x 2160 (at a 19:10 or 1.9:1 aspect ratio)

4K hadir itu karena adanya ketidak puasan atas kualitas full HD, hah? perasaan kita aja wah banget sama full HD, apalagi kalau dapet film yang kualitas BRrip itu pasti seneng, senengnya karena videonya bagus, jelas, jernih, ya walaupun ukuran monitornya paling gede 22″. Ketidakpuasan atas full HD itu kalau di negara orang itu wajar, karena mereka sudah terbiasa melihat tayangan full HD, dari mulat TV, film, dll. biar lebih jelasnya, ini nih gambaran perbandingan dari resolusi yang ada dengan 4K

perbandingan resolusi (wikipedia)

keiatan banget kan bedanya? kita aja yang masih sangat jarang liat tontonan yang 2K apalagi jauh dari kata tidak puas. Orang-orang sana itu sudah bilang gak puas. Konon katanya dengan menggunakan resolusi 4K yang kaya akan warna dan sebagainya itu, seakan-akan kita melihat aslinya, mata kita dimanjakan lah itu intinya.

Hal lain dari 4K ini adalah akan membawa ukuran monitor semakin besar dan besar, apalagi ada standar diatas 4K yaitu 8K, ukuran monitor yang besar jadi cara yang gampang untuk mengukur kemampuan maksimal dari resolusi 4K, kalau masih kecil-kecil mah kayaknya kurang kerasa kali ya, karena pake yang kualitas BR aja udah wah.

Namun ada sedikit kekhawatiran juga mengenai teknologi 4K ini apalagi video 4K, bisa dibayangkan jika video 4K di jadikan foto / still image, itu setara dengan foto dengan kualitas resolusi 8 Mega Pixel. Jadi kebayangkan kalau kita susah cari momen foto yang bagus, ya tinggal kita video aja terus print screen aja dah itu videonya save aja kebentuk JPEG, hehe. Namun diyakini juga kebutuhan akan still image akan tetap ada, jadi kayak istilah “berikanlan pada ahlinya”, untuk still image ya maksimalnya pake alat yang untuk still image (foto). begitulah kira-kira semoga memberikan sedikit gambaran mengenai teknologi 4K.

sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/4K_resolution

http://tekno.kompas.com/read/2013/01/14/07403846/Mengenal.Teknologi.Televisi.4K

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s