Teknologi Free Viewpoint Video


Mungkin ada yng baru denger itu teknologi apa dan seperti apa rupanya, sama. Saya juga baru tau teknologi itu, tulisan ini terinspirasi ketika ditempat kerja saya ada seminar dari KDDI yang memaparkan tentang teknologi Free Viewpoint Video. Sekilas tentang KDDI, KDDI adalah perusahaan komunikasi asal jepang, lebih lengkapnya kunjungi aja webnya http://global.kddi.com/about/

Oh ya, kenapa diawal malah nerangin KDDI, FYI KDDI adalah pihak pertama yang mengembankan teknologi ini, bahkan mereka sudah bidding untuk penyelenggaraan piala dunia dalam hal penggunaan teknologi kamera.

Free View Point itu gimana ? jadi gini intinya, biasanya kita nonton TV taro-lah kita nonton pertandingan bola, penggunaan kamera yang banyak pada sebuah pertandingan bola itu untuk merubah arah sudut pandang kita pada pertandingan, dari samping, depan, belakang, atas (kalau ada kamera dari atas) tapi tidak dari bawah, jadi intinya cuman nge-switch kamera aja dari satu kamera posisi lain ke kamera posisi yang lainnya. Kayak gini lah contohnya

nah, dari video diatas, keliatan kan perpindahan kamera, dari kamera satu ke kamera yang lainnya, dari yang banyak shoot pemain ke satu orang pemain. nah sekarang coba liat video yang satu ini.

beda banget kan?

ya walaupun kualitasnya belum bagus banget dari segi kualitas gambar. Kualitas gambar belum bagus mungkin karena penggunaan kameranya juga kali ya, karena kan yang sekarang-sekarang masih banyak percobaannya, jadi ya gitu kualitas gambarnyatapi dengan teknologi ini memungkinkan kita buat ngeliat situasi dari posisi yang tidak kita duga sebelumnya, walaupun jadi kayak video game liatnya, hehe.

sumur :

http://techcrunch.com/2008/06/27/kddi-develops-the-worlds-first-free-viewpoint-video-technology-for-web-tv/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s