Membuat Live Reaction di Facebook


Hello guys..

pernahkah kalian lihat di timeline Facebook-mu (FB) yang kayak gini ?

akhir

trus pengen tau cara bikinnya kayak gimana ? oke, terlebih dahulu kita jelasin dulu itu apa.

OKE, gambar yang diatas itu adalah fitur dari FB yang namanya Live Reaction, intinya dia itu FB live cuman isinya ngedetek reaksi kita kan post tersebut dan secara otomatis akan terhitung.

perlatan yang dibutuhkan dalam membuat Live Reaction ini adalah

  1. Script Live Reaction
  2. Software OBS (Open Broadcast Software)
  3. Facebook Page
  4. Koneksi Internet

oh ya, live reaction ini bisa diaplikasikan di Facebook Page, di grup kayaknya gk bisa deh, dan kalau di profil biasa itu sudah pasti gak bisa.

agan-agan minimal tahu beberapa hal dibawah ini

  1. HTML
  2. CSS

oke langsung aja, ikutin langkah berikut

Pertama, kita download dulu aja ya software OBS-nya tenag ini free kok Open Source juga dia, download disini , Kemudian instal langsung ya

Kedua, kita harus membuat facebook app, ini diperlukan untuk mengetahui nomor access token, buat facebook app disini. ok saya anggap agan-agan sudah membuat facebook app. kemudian untuk mengambil access tokennya dimana ?

accesstoken

nah, access token ada di menu tools & support (ada di sebelah kanan atas halaman facebbok app), kemudian lihat digambar

Ketiga, download script untuk live reactionnya disini, password untuk arsipnya silahkan like dulu facebook page  ini kemudian lihat dibagian about… didalam arsip akan terdapat beberapa file, jelasnya lihatlah gambar dibawah ini

keterangan

Keempat, buka obs kemudian pada bagian source-nya pilih browserSource kemudian pilih friends.html sehingga pada layar preview obs menampilkan tampilan htmlnya

obsnya

kemudian pada obs tersebut masuk ke menu setting > Stream..pada settingan tersebut pilih Custom Streaming Server, ada pilihan URl dan Stream Key ini didapatkan nanti pada saat akan membuat video live di facebook page

stream

Kelima, membuat live video di facebook page, masuk ke page agan terus pilih menu publishing tools, atau lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini (klik untuk memperbesar

siap-stream

Keenam, buka file friends.html tadi di notepad atau notepad++ kemudian lihat bagian access token dan post ID, kemudian isikan access token dengan token app kita yang tadi dan post ID dari video di facebook page kita tadi

filehtml

Ketujuh, klik start streaming di OBS, dan walaaa anda sudah live reaction

streamingon

selamat mencoba

 

NB:

durasi Facebook Live hanya 4 jam, lebih dari itu facebook akan secara otomatis me-cut live streaming kita

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s