3 Aplikasi Pilihan untuk Rapat Online dan Teleconference


Pengantar

Waktu dan tempat salah satu dari beberapa masalah untuk orang yang punya mobilitas tinggi, hal ini menjadi semacam penghalang untuk orang-orang untuk berkolaborasi, bertemu dan berkomunkasi. Ditambah dengan biaya dan waktu yang harus dikeluarkan jika sebuah pertemuan diadakan di suatu tempat dengan peserta undangan yang tersebar di lain daerah, tentu itu sangat menguras. Pertemuan sepert rapat atau kegiatan lainnya yang dilakukan secara tatap muka langsung bias efektif dan efisien jika semua orang yang terlibat berada pada lokasi yang berdekatan, namun bagaimana jika lokasi setiap orang itu berjauhan dan tetap dilakukan pertemuan? Memang bias efektif namun sangat tidak efisien, ditambah jika pertemuan itu dilakukan berulang kali.

Berangkat dari masalah tersebut diatas, teknologi menjawab semuanya. Teknologi membantu kita tidak hanya menghemat tetapi lebih dari itu, teknologi bias merubah pola kerja yang selama ini dilakukan secara tradisional. Rapat bias dilakukan secara online, kuliah secara online, seminar dan keperluan meeting lainnya bias dilakukan secara online. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana semua kegiatan itu dilakukan dan dengan teknologi yang mana? Teknologi seperti video call memang banyak dewasa ini, tapi teknologi pada aplikasi yang mana yang tepat untuk kebutuhan yang disebutkan tadi?

Dalam tulisan ini, penulis merekomendasikan 3 aplikasi yang sudah pernah dicoba dan diaplikasikan untuk kebutuhan seperti yang diatas dijelaskan, Mari disimak.

3 Aplikasi yang direkomendasikan

Bagi penulis aplikasi yang akan dipakai untuk kebutuhan Rapat Online, Seminar Online dan kuliah Online harus memenuhi beberapa ketentuan, yaitu :

  1. Aplikasi tersebut mudah digunakan (setidaknya untuk user)
  2. Aplikasi tersebut memiliki kemampuan Share screen atau bias berbagi source
  3. Aplikasi tersebut mempunyai konfigurasi manual terkait source audio yang akan digunakan

Aplikasi yang akan diulas sudah pernah penulis gunakan dan dipalikasikan, memang tidak semua aplikasi yang digunakan itu gratis, namun patut untuk dicoba.

Skype


Deskripsi

Skype adalah aplikasi instant messenger video call milik Microsoft yang lumayan lengkap, kita bias melakukan video call ke sesama pengguna skype secara gratis, kita bias juga mengirim pesan SMS dan call ke perangkat telpon namun untuk fitur ini skype memiliki kredit yang berbayar.

Fitur

Berikut fitur skype

Akses

Untuk mendapatkan skype, anda cukup mengunjungi dan mengunduhnya di https://www.skype.com/id/

Rekomendasi Penggunaan

Karena penggunaan skype hanya bias dilakukan antar pengguna skype saja maka, penggunaan yang tepat dari aplikasi ini (berdasarkan pengalaman)

  1. Kuliah Online
  2. Rapat Online

Skype For Business

Deskripsi

Skype for business secara cara kerja hampir sama dengan skype biasa, namun ada beberapa fitur yang tidak terdapat dari skype biasa. Oh ya skye for business ini adalah pengembangan lebih lanjut dari produk Microsoft lainnya yang bernama Lync.

Fitur

Berikut fitur dari Skype For Business

Fitur yang sangat berguna dari skype for business ini salah satunya adalah Undangan URL, dengan fitur ini kita bias mengadakan pertemuan secara online dengan membagi URL dari kegiatan tersebut dan orang yang mendapatkan undangan tersebut dapat mengaksesnya tanpa harus mempunyai account skype for business. Kekurangan dari skype for business ini adalah aplikasi berbayar/premium. Kemudian fitur yang menarik lainnya yaitu tampilan pada video mengikuti face detection user,

Akses

Pelajari lebih lanjut tentang aplikasi ini dengan mengunjungi web https://www.skype.com/id/business/

Rekomendasi Penggunaan

Penggunaan skype for business ini cocok untuk

  1. Seminar online
  2. Kuliah online
  3. Rapat online

Cisco WebEx

Deskripsi

Perbedaan cisco webex dengan aplikasi 2 diatas , kalua skype dan skype for business berupa aplikasi desktop yang harus diinstal, kalua cisco webex berbasi web, jadi kita tidak perlu install aplikasi apapun, kemampuan dari csco webex pun cukup mumpuni untuk digunakan sebagai platform teleconference, versi gratis dari aplikasi ini bias digunakan oleh user terbatas untuk satu kegiatan pertemuan, aplikasi berbayar untuk cukup mahal dalam segi penggunaannya, ini bias dilihat dari segi fitur dan harga yang ditawarkan.

Fitur

Karena penulis pernah mencoba versi gratisnya saja, fitur yang disediakan sangat terbatas namun cukup untuk kebutuhan seperti kuliah online dan rapat online

Akses

Untuk mencoba aplikasi ini bias mengunjungi alamat web https://www.webex.com/

Rekomendasi Penggunaan

  1. Kuliah Online
  2. Rapat Online

Nah, sekian dari penjelasan dan sedikit review mengenai aplikasi yang bias menjadi pilihan untuk Rapat Online, Kuliah Online dan kegiatan tele conference lainnya. Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bias dipakai juga missal Google Hangout dan aplikasi Live Streaming seperti Youtube Live Streaming dan Facebook Live Streaming, untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal tersebut, link dibawah ini mungkin berguna untuk anda

Part 1 – Mengenal OBS Studio

Part 2 – Live Streaming Youtube dengan OBS Studio

Part 3 – Live Streaming Facebook dengan OBS Studio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.