Pengembangan Sistem Informasi RT / RW – untuk RT / RW zaman now


Sebagai bagian dari generasi milineal yang kekinian, gak sah kayaknya kalau kehidupan kita itu gak dihubung-hubungkan dengan yang namanya teknologi apalagi untuk Zaman Now ini ada istilah ioT (Internet of Things), semua muanya terkoneksi. Seiring dengan perkembangan informasi yang pesat tentu semua bentuk informasi bisa diakses dengan mudah, keterbukaan informasi kayaknya sudah menjadi kebutuhan dasar warga.

Aplikasi web yang dimulai dengan nama Sistem Informasi sekarang ini sudah kayak tahu bulat saja, ada dimana-mana dan bahkan orang banyak juga yang membagikannya secara gratis. mungkin karena sudah banyak juga ya sekarang orang-orang IT dan banyak yang ngoprek juga.

Kembali ke judul tulisan ini, tanpa mau ketinggalan, saya juga mencoba membuat Sistem Informasi, ya mungkin kurang keren ya tapi cukup untuk menghabiskan rasa penasaran saya untuk mencoba membuat aplikasi biar bisa disebut kekinian. wkwk.

Dalam masa kebimbangan dan keterpurukan (hadah), kulihat grup WA warga RT begitu aktif sekali apapu dibahas, poitik RT, kebersihan, lingkungan, satpam, uler masuk rumah, penampakan, dan lain-lain. Berangkat dari itu semua lahirlah Sistem Informasi RT / RW ini.

Marilah kita ubek-ubek Fiturnya

Fitur :
1. Role User (Admin, RW, RT, Bendahara RT, Sekretaris RT, Warga)
2. Manajemen Keuangan RT & RW (Pendapatan, Pengeluaran, Laporan)
3. Manajemen Surat Pengantar dan nomor surat
4. dll.

Hak Akses User
1. Warga
– Bisa Menambahkan anggota keluarga
– melihat profil sendiri dan anggota keluarga
– melihat laporan keuangan RT dan RW
– mengajukan surat pengantar RT

2. Admin
– Setting tempat
– menentukan ketua RW
– menambah jumlah RT
– Menambahkan warga

3. RW
– menambahkan warga
– membuat laporan keuangan RW
– menambahkan pengeluaran dan pendapatan RW
– menentukan Ketua RT
– Mencari warga berdasarkan nama & no KTP
– melihat statistik warga

4. Ketua RT
– Menambahkan warga
– menentukan sekretaris RT
– menentukan bendahara RT
– membuat laporan keuangan RT
– melihat pengajuan surat pengantar RT
– menentukan nomor surat RT (nomor digenerate otomatis berdasarkan urutan)
– simpan surat ke pdf
– melihat statistik warga

5. Bendahara RT
– menambahkan pendapatan dan pengeluaran keuangan RT
– membuat tagihan iuran bulanan

6. Sekretaris RT
– menambahkan warga
– melihat daftar warga
– melihat statistik warga

aturan lainnya :
– semua user secara default merupakan role ‘warga’.
– setiap user yang sudah memiliki role admin dan pengurus tidak bisa double role (misal RT & admin).
– setiap ketua RT tidak bisa melihat RT lainnya termasuk melihat daftar warga RT lain, keuangan RT lain. namun ketua RT memiliki fitur untuk mencari warga se-rw

untuk mencoba bisa kunjungi link ini

http://sirt.nursyamsi.net

user
Admin
– user : admin pass : 123456

Ketua RW
– user 123456 pass:123456

Ketua RT
– user : 23456 pass: 23456

2 responses to “Pengembangan Sistem Informasi RT / RW – untuk RT / RW zaman now

  1. Bisakah saya mendapatkan source code nya pak?

  2. wah menarik ini sebagai ketua RT gw butuh aplikasi kyk gini.. bisa minta soruce codenya ga ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.