Mengembangkan Konten Interaktif dengan Adobe Flash / Animate


Pengembangan konten pembelajaran sudah bukan hal yang aneh dan wah lagi dewasa ini, dulu sebelum zamannya authoring tools macam iSpring, Articulate dll. Banyak beredar CD interaktif yang dibuat dengan menggunakan Macromedia Flash dan Macromedia Director yang sekarang sudah diakuisisi oleh Adobe. Memang penggunaan aplikasi tadi membutuhkan kemampuan yang tidak semudah membuat Presentasi di PowePoint, aplikasi tadi menguras semua kemampuan kita terutama sebagai Instructional Designer seperti scripting, design, storyboard, klenger dah. Memang sekarang ini buat apa sih kita mau cape-cape bikin yang susah toh hasilnya nanti sama saja? (maksudnya membandingkan penggunaan Authoring tools seperti iSpring dkk dengan Flash). Ya iya juga sih, tapi kita lihat dulu kebutuhannya, jika konten-mu sudah cukup dengan authoring tools tadi it’s ok, tapi kalau membutuhkan kemampuan yang “lebih” dalam hal interaktif-nya dan keleluasaan dalam pengembangannya, mungkin Flash bisa jadi jawabannya.

Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan tahapan pengembangan konten interaktif dengan mengggunakan Adobe Flash (sekarang jadi Adobe Animate). Penjelasan ini akan membahas bagaimana membuat Template / wadah yang bisa digunakan untuk meng-akomodasi file-file external.

oh ya, karena pembahasan ini akan sangat panjang, saya akan membagi kedalam beberapa postingan. Postingan ini menjelasakan gambaran dari idenya saja.

Idenya adalah, kita akan membuat satu “Player” utama yang mana player itu mempunyai tombol-tombol navigasi yang akan mengganti kontennya setiap kali di-klik. “Player” ini bisa me-load file .swf dan .mp3.

kira-kira gambarannya kayak begini lah.

Fitur dari “Player” yang akan dibuat adalah :

  1. Sebagai template
  2. Animasi Transisi
  3. Load SWF
  4. Load Mp3
  5. Navigasi (Next & Previous)

sebelum memulai, persiapkan hal berikut ini :

  1. download plugin animasi tweenlite dari greensock disini
  2. buatlah struktur folder seperti pada gambar diatas
  3. gunakan Adobe Flash CS6 keatas (karena kita akan menggunakan Action Script)

jika sudah, silahkan tunggu postingan selanjutnya .. πŸ™‚

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.