5 Authoring Tools untuk Pengembangan Konten Pembelajaran & E-Learning


Dewasa ini perkembangan teknologi semakin tidak terbendung, inovasi-inovasi dalam berbagai bidang banyak bermunculan. Pemanfaatan teknologi ini terjadi tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memenuhi kebutuhan “zaman now”. Hampir semua kebutuhan sehari-hari bias dilakukan dengan teknologi, kita tidak perlu beranjak dari tempat duduk, kita hanya perlu menggerakan jempol kita saja.

Kemajuan teknologi tersebut juga menyentuh dunia pendidikan, di “zaman now” sekarang ini kita sudah terbiasa dengan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan presentasi. Media presentasi dengan menggunakan Power Point sudah sangat umum sekali dan mungkin sudah biasa dipakai dalam kegiatan belajar mengajar sekarang ini. Namun penggunaan “hanya” Power Point saja sekarang ini dirasa sangat kurang sekali dalam menyampaikan materi yang diinginkan. Fitur yang terbatas serta dukungan untuk integrase ke E-Learning mungkin salah satu factor yang membuat Power Point dirasa kurang pas lagi, namun di sisi lain, orang sudah kadung terbiasa menggunakan Power Point sebagai media utama pengajarannya.

Di kalangan pengembang konten pembelajaran (Instructional Designer) dikenal istilah Authoring Tools (selanjutnya kita sebut AT), AT adalah paket perangkat lunak yang dapat dipergunakan untuk membuat dan paket penyampaian konten pembelajaran (gabungan dari teks, gambar, grafik, suara, animasi, dan video) kepada pengguna.  AT menyediakan lingkungan terintegrasi untuk menyatukan semua elemen secara bersama-sama dalam sebuah produksi Konten Pembelajaran.

Kehadiran AT sangat membantu dalam pembuatan konten pembelajaran, selain ada beberapa aplikasi yang menawarkan fitur yang terintegrasi dengan Power Point, sehingga kita akan dengan sangat mudah untuk mengkonversi konten kita supaya kompatibel dengan Platform E-Learning, bukan hanya itu saja, di AT juga banyak disediakan variasi evaluasi yang bias kita gunakan sesuai kebutuhan. Tanpa kita bertele-tele lagi, berikut Aplikasi Authoring Tools yang bias digunakan untuk membantu pengembangan konten pembelajaran.

  1. Articulate Storyline

    AT ini merupakan salah satu AT yang popular, ada sudah lama dan terus memberikan inovasi yang bermanfaat untuk dunia E-Learning.

    Aplikasi ini mempunyai interface yang mirip dengan power point, fitur-fitur yang ada pun relative mudah dipelajari dan digunakan

    Anda bias mengajukan trial untuk aplikasi ini dengan mengunjungi alamat ini https://articulate.com/

    2. iSpring (Berbayar)

    AT ini terbilang cukup simple dan mudah digunakan karena terintegrasi berupa add ins di power point, jadi konten power point kita bias langsung di konversi ke konten interaktif, e learning, multimedia dsb.

    Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup banyak dan tentu saja bias dipasang di power point :

    1. Berupa Add ins di PowerPoint
    2. Dukungan Multi Platform
    3. Mempunyai Content Library yang cukup banyak
    4. Pembuatan Audio dan Video Narasi
    5. Evaluasi berupa quiz dan survey yang cukup beragam
    6. Bisa membuat konten screencast
    7. Player yang bias di custom
    8. Dll

    Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, aplikasi ini sangat membantu sekali (saya juga pake aplikasi ini) hanya saja aplikasi ini tidak gratis, namun jika kita bekerja di lingkungan akademik, kita bias mengajukan harga untuk akademik yang relative lebih murah daripada harga regulernya.

    Info lengkapnya bias kunjungi https://www.ispringsolutions.com

    3. Office Mix (Gratis)

    AT buatan Microsoft ini sangat menarik sekali, karena tidak hanya sebagai add ins tambahan untuk power point, aplikasi ini juga GRATIS. Aplikasi ini mempunyai fitur dan kemampuan yang hampir setara iSpring.

    Fitur yang disediakan oleh office mix sudah memenuhi kebutuhan pengembangan multimedia konten. Terdapat banyak contoh dan template yang bias anda gunakan di webnya office mix.

    https://mix.office.com

    4. Adobe Captivate (berbayar)

    AT besutan adobe ini sangat lengkap sekali, karena banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, banyak juga variasi konten yang bias dilakukan. Untuk melihat fitur lengkapnya kunjungi halaman ini https://elearning.adobe.com/2017/03/the-top-78-captivate-features/

    5. Adobe Flash / Adobe Animate (berbayar)

    Aplikasi ini mungkin tidak termasuk AT, tapi aplikasi ini juga bias digunakan sebagai pengembang konten tingkat lanjut / skala industry, fitur yang ada sangat custom, kita dharuskan membuat dari nol (benar benar dari nol) selain itu juga kita diwajibkan untuk tahu Teknik-teknik animasi dan programming. Aplikasi ini mungkin kurang cocok untuk pengembangan konten yang cepat dan individu, tapi cukup layak digunakan sebagai alternative jika kita ingin konten yang custom dan sangat kaya. http://www.adobe.com/sea/products/animate.html

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.