Mengenal istilah Moto GP


Berawal dari nonton Moto GP, dengerin komentator sama review banyak istilah yang gak ngerti kemudian coba googling istilah apa saja yang ada di Moto GP. Berikut istilah-istilah yang berhasil dikumpulin :

  1. APEX

APEX Titik paling rapat dari suatu tikungan yang mana biasanya pembalap melaluinya sebelum mulai keluar tikungan dan berakselerasi

2. Braking Marker

braking marker

Titik nyata yang digunakan oleh pembalap untuk mengetahui dimana dia harus mulai mengerem saat akan memasuki tikungan. Penanda ini bisa berupa pohon, papan iklan, tanda di trek atau hal lainnya yang bisa dipakai oleh pembalap untuk memandu pola pengereman pembalap.

3. Chicane

chicane

Lintasan berbentuk huruf S. letak biasanya diantara straight atau trek lurus. Fungsinya untuk meredam kecepatan dan sekaligus ketangkasan. Di lintasan ini, pembalap diuji gerakan pinggulnya. Sehingga tidak terjadi kecepatan tinggi dan malah berubah seperti seni tari.

4. Compounds

compounds

Tipe / jenis karet yang digunakan oleh ban

5. Curbstones

Biasa juga disebut dengan KERB, terdapat di tepian lintasan balap. Biasanya di daerah tikungan. Berbentuk gundukan gerigi dibari tanda cat warna-warni. Fungsi utamanya sebagai tepian akhir mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line. Itu jika motor terlalu out akibat kecepatan. Kerb selalu lebih ngegrip daripada aspal. Akan Manahan kendaraan keluar lintasan.

6. Displacement

Kapasitas CC dari mesin motor, contohnya, 1000 cc, 600 cc

7. Dry Race

Balapan yang dimana permukaan track dianggap kering oleh Race Direction, kebalikan dari Wet Race. Dalam keadaan kering, pembalap menggunakan ban slick pada motornya.

8. Dorna

organisasi penyelenggara balapan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event.

9. Endo

Trik dalam mengerem motor secara mendadak sampai bagian belakang motor terangkat

10. Fairing

Bagian badan terluar dari motor yang melindungi motor dan pembalap dari debu dan hembusan angin. Fairing didekorasi dengan warna tim, logo sponsor, dan nomor balap.

11. FIM

sebuah organisasi internasional di bidang balap sepeda motor

12. GP (Grand Prix)

Event Balapan, Moto GP, Moto 2 dan Moto 3

13. Grid

Tanda starting point start/ finish di lintasan balap

14. Hairpin

Disebut juga tikungan tusuk konde. Karena bentuknya seperti konde ibu-ibu pejabat. Di balap Tanah Air disebut tikungan balik badan. Tikungan mati yang memaksa pembalap mengerem habis. Bahkan, tidak jarang harus menurunkan kaki. Sering ditemui sirkuit dadakan. Di sirkuit internasional, tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar. Sesuai besarnya sirkuit.

15. High Side

Kecelakaan dimana ban belakang motor tergelincir dan kemudian mendapatkan cengkeraman kembali sehingga membuat bagian belakang motor terlempar ke atas setelah mendapatkan grip.

16. Hole-Shot

Memimpin balapan pada tikungan pertama

17. Low Side

Kecelakaan yang mana salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.

18. Lean Angle

Kemiringan motor dan pembalap pada saat tikungan, kadang kala lutut pembalap menyentuh lintasa

19. OnBoard

kamera yang terpasang pada motor

20. Parc Fermé

Area pada pit lane yang didesain sebagai tempat parkir pembalap yang naik podium pada setiap kategori dan diwawancarai oleh kru televisi sesaat setelah setiap balapan.

21. Paddock

Tempat yang paling steril di balapan. Disinilah semua pelaku balap berada. Mulai pembalap, manager tim, mekanik hingga motor balapnya. Menjadi tempat paling steril karena di sinilah mereka merancang strategi hingga ubahan setingan pada motor. Pada tim papan atas, paddock dibagi menjadi beberapa petak yang terdiri tempat motor, tempat pembalap istirahat dan tempat terima sponsor dan wartawan.

22. Pit Area

Jalanan yang dilalui pembalap sesaat meninggalkan paddock untuk menuju lintasan balapan. Di sini disediakan dua pintu. Pit in, sebagai jalan pembalap untuk memasuki paddock selepas balapan dan pit out digunakan pembalap untuk memasuki lintasan balap. Pit area ini juga digunakan sebagai tempat untuk menservis motor balap yang bermasalah di tengah balapan terakhir, mekanik boleh membetulkan motor di area ini.

23. Pit Lane

Selain Pit Area,ada juga Pit Lane.Letaknya segaris dengan Pit Area.Di Sentul besar,bisa dilihat dengan garis kuning.Di garis ini,para marshall pengibar bendera berdiri .Tugas mereka mengawasi dan mengamankan motor pembalap lalu lalang di depan Pit Area.

24. Pole position atau Pole

Menandakan urutan pembalap yang berhak menempati urutan paling depan/pertama  dengan menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi

25. Race Director Room

Tempat pimpinan lomba berada. Di balap nasional dikenal sebagai kamar hitung. Di sinilah seluruh balapan dipantau. Mulai catatan waktu, urutan pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pembalap.

26. Rookie

Pembalap baru/pendatang baru. isitilah ini dipakai disemua kelas

27. Rostrum

Kata lain dari podium

28. Scrutineering

proses pemeriksaan teknis yang dilakukan secara detail, baik dilakukan sebelum dan/atau sesudah balapan

29. Slipstrema

Keadaan dimana pembalap mengikuti pembalap lain dari belakang dan menunggu momentum untuk mendahuluinya

30. Swingarm

Tempat dimana rantai dan suspensi belakang dipasang

31. Topping the timesheet

Kegiatan me-record yang tercepat dalam sesi latihan dan kualifikasi

32. Tyre Wall

tembok ban dibentuk sebagai barir ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan.

33. wheele

Mengangkat roda depan sambil melaju

34. Wild Card

Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.

 

Sumber :

http://www.motogp.com/en/MotoGP+Basics/Glossary

http://racemotogp.com/paddock/mengenal-istilah-di-sirkuit/

Wikipedia

gambar diklik digambarnya

2 responses to “Mengenal istilah Moto GP

  1. Ping-balik: ¿Cómo ha de ser un circuito? | diezcilindros

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.